WELCOME
Selamat Datang ! .Suatu kehormatan bagi saya atas kunjungan . Saya sangat berharap kunjungan berikutnya.

Kamis, 19 September 2013

Pasta Gigi yang terbuat dari Cangkang Telur Bebek

Wah ternyata bangsa kita memang kreatif gan, cangkang telur bebekpun bisa lho dijadikan pasta gigi. Bahkan, menurut adik kita yang masih SMA ini, pasta giginya lebih sehat dibanding yang hasil pabrik. Salut ane




REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta mengubah cangkang telur bebek menjadi pasta gigi yang diklaim lebih sehat dibanding pasta gigi pabrikan yang banyak mengandung fluoride.

Karya siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, Fransisca Maria dan Fadillah Zahra itu, menjadi salah satu dari 56 kelompok peserta Lomba Teknologi Tepat Guna antarsiswa SMA dan sederajat yang digelar di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (19/9).

"Cangkang telur bebek memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok bila digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta gigi. Cangkang telur juga tidak mengandung polutan," kata Fransisca Maria siswa SMA 6 Yogyakarta yang membuat pasta gigi dari cangkang telur.

Kulit telur bebek yang telah dibersihkan dan dikeringkan kemudian dihancurkan hingga lembut. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan minyak peppermint, gliserin, dan ekstrak daun sirih, serta air jeruk nipis untuk memberikan rasa segar pada pasta gigi yang dibuat.

"Rasa yang diberikan bisa berbeda-beda, tergantung dari selera masing-masing," kata Fransisca yang sudah memakai produk pasta gigi buatannya tersebut. Ia dan Zahra berharap, dengan mengikuti lomba tersebut produk yang dihasilkannya bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

Selain karya tersebut, juga ditampilkan karya inovatif lainnya seperti helm dari serat pandan, generator CO2 untuk mengawetkan buah-buahan, obat nyamuk dari sereh dan kemangi, pembangkit listrik dari air hujan pada talang air, keripik bunga mawar, dan tempe dari biji nangka.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar